Monday 29 December 2014

Membangun Backlink Berkualitas, adalah Faktor penting SEO !

Backlink Berkualitas
Source : www.rubysearchsolutions.com

Membangun Backlink Berkualitas adalah  Faktor penting dalam SEO, Mengapa demikian?

Karena,
  1. Link Building merupakan salah satu faktor dari SEO,dan Menurut saya Link Building termasuk faktor terpenting dari SEO.
  2. Sedangkan inti dari Link Building (Baklink) ada di Kualitas. Mengapa demikian? oke, mari kita bahas lebih lanjut mengenai "Mengapa inti dari Eksternal Link (baklink) ada di Kualitasnya"
Tetapi, sebelum membahas mengenai "Mengapa inti dari Eksternal Linl (baklink) ada di Kualitasnya" kita akan terlebih dahulu mengupas data pertama dari data di atas, agar anda lebih percaya kepada saya bahwa data di atas memang tidak main main.

Mengpa Link Building adalah Faktor penting SEO?


Jawaban

"External links is the single most important objective for attaining high rankings"  
artinya kurang lebih, "Eksternal Link adalah satu satunya yang paling penting dalam meraih peringkat tinggi" 

Kalimat diatas, saya kutip dari perkataan para Master SEO di moz.com. Sebenarnya, Secara pribadi saya juga menolak pendapat di atas untuk dipakai di jaman sekarang, karna menurut saya pendapat diatas di utarakan sebelum Google Mengupdate algoritma - algoritma terbarunya,

Seperti Google Pinguin yang bisa dibilang lebih memperhatikan SEO On Page, seperti Konten, Dimasa Google pinguin ini banyak situs situs yang memiliki kualitas konten rendah mendapatkan pinalti. dari sini dapat dipastikan bahwa Google juga sangat Memperhatikan On Page SEO tidak Hanya Off Page SEO.

Tetapi, Setidaknya Google juga masih memperhatikan peranan penting Off Page SEO dalam SEO, seperti Eksternal Link. Dengan Google mengupdate Algoritma- algoritma terbarunya yang mulai sangat memperhatikan On Page SEO (konten), tidak lantas Google melupakan Off Page SEO (Eksternal Link) pada saat akan menilai suatu website. ( Menururt saya seperti itu)

Artinya, dapat disimpulkan bahwa, Konten (On Page SEO) itu penting ! tapi Eksternal Link juga tidak boleh dilupakan, itulah alasan Mengapa saya berani mengatakan bahwa Eksternal Link merupakan salah satu faktor terpenting dalam SEO.

Lalu, Mengapa inti dari Eksternal Link (baklink) ada di Kualitas ?

Banyak orang yang salah kaprah mengenai backlink ini, mereka mengira inti dari Pembangunan Backlink ada di kuantitas, padahal itu salah. Mempunyai banyak backlink tapi tidak ada yang berkualitas itu sama saja bohong, lebih baik mendapat sedikit backlink tapi berkualitas. Saya pernah membaca salah satu artikel Master SEO, dan kurang lebih seperti ini yang beliau katakan tentang backlink berkualitas.

"Lebih baik mendapatkan 1 backlink yang berkualitas dari pada mendapatkan 1000 backlink tapi tidak ada yang berkualitas"

Jadi, kualitas backlink sangatlah diperlukan,  Google adalah mesin pencarian yang pintar, ia akan selalu meng-update algoritma algoritma terbarunya, seperti Google Pinguin yang banyak mempenalti situs situs yang suka melakukan spamming. Biasanya, backlink yang dihasilkan dari spamming adalah backlink yang tidak berkualitas. Nah, dapat disimpulkan dari sini, bahwa Google itu menginginkan backlink yang memiliki kualitas bukan kuantitas. Tetapi, lebih baik lagi jika anda membangun backlink berkualitas juga dengan kuantitas.


Seperti apa Backlink yang berkualitas itu ?

2 Faktor terpenting yang harus dipenuhi agar suatu backlink dapat disebut backlink yang berkualitas.

Popularity
Faktor yang memiliki peranan penting sehingga suatu backlink dapat dikatakan sebagai backlink yang berkualitas salah satunya adalah Popularitas. Karna, backlink yang berada di situs yang memiliki popularitas tinggi itu akan dinilai oleh SE sebagai backlink dengan high quality, karna mencari backlink disitus situs yang popularitasnya tinggi itu amatlah sulit. Biasanya situs tersebut amat sangat memperhatikan link link yang keluar dari situsnya karna tidak sembarang link dapat berada disitus tersebut.

Relevancy
Selain popularitas, Relevansi juga harus sangat diperhatikan. Sebelum mencari backlink, terlebih dahulu anda seleksi situs mana yang memang relevan dengan blog kita. Misal, blog anda memiliki niche Tutorial Blogger, maka ketika anda akan mencari backlink, situs yang akan anda tanami backlink adalah situs yang memiliki niche yang sama atau paling tidak mirip dengan blog anda.

Kesimpulan

Carilah Backlink yang berkualitas, tidak hanya Kuantitasnya yang diperhatikan. Dan ingat juga, Popularitas dan Relevansi itu penting ! jangan sampai anda mengabaikannya. 

"Lebih baik mendapatkan 1 backlink yang berkualitas dari pada mendapatkan 1000 backlink tapi tidak ada yang berkualitas"

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai "Membangun Backlink Berkualitas" apa bila ada pendapat saya yang (mungkin) salah, tolong dibenarkan. Karna saya juga masih harus banyak belajar tentang SEO dan masih banyak Ilmu SEO yang belum saya ketahui. 
+1 Jika anda menyukai Artikel ini

4 comments:

  1. Artikel yang sungguh menarik, bahkan dengan membacanya dari awal saya jadi mampu memahami pentingya backlink demi meningkatkan seo pada blog..
    Kata-kata yang disajikan sangat mempengaruhi setiap orang yang membacanya, "Lebih baik mendapat 1 backlink yang berkualitas, daripada mendapat 1000 backlink yang tidak berkualitas."
    Namun, ada yang mau saya tanyakan disini, apakah dengan bertukar link (link exchange) kita akan mendapatkan backlink yang berkualitas dari blog yang memasang link blog kita?
    Sekian, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sebelumnya sudah mau datang ke blog ini..

      Link Excheange memang banyak menjadi perdebatan, ada yang bilang akan di benci Google tapi ada juga Master yang mengatakan bahwa Link Exchange akan menjadi backlink yang berkualitas apabila situs yang bertuka Link dengan blog anda itu Relevan dengan blog anda dan tentunya situs tersebut memiliki popularitas yg tinggi dan tidak terlalu banyak OBL (out bound link).

      Delete
  2. lalu kenapan gan situs seperti "stafaband[dot[info" "sumberlagu[dot[wapka[dot[me" "budi12[dot[wapka[dot[mobi" "mp3terbaru[dot[info" yang MINIM KONTEN bisa menduduki PAGE ONE GOOGLE , NO BACKLINK... ada pertanyaan besar dibalik itu semua, apakah karena SEO ON PAGEnya yg OKE atau bagaimana... gmna kira2 gan ???

    ReplyDelete
  3. Patut di tunggu jawaban dari pertanyaan di atas....

    ReplyDelete

 
 
Copyright © 2015 Ulama SEO | Design By Luhur Muhamad Fatah